Perkenalkan Vokalis Baru, Sugarkane Lepas Single “Unhinged”

posted in: News | 0

Setelah sempat menghilang selama beberapa waktu, Sugarkane, unit noise rock/riot grrrl asal Bogor kini kembali dengan single terbaru sebagai perkenalan bagi vokalis anyar mereka, Lucky Julian. Single berjudul “Unhinged” ini juga merupakan langkah pembuka menuju perilisan mini album In A Mess yang akan segera dirilis oleh Hujan! Rekords dan Tromagnon Records dalam bentuk kaset pita bulan November mendatang.

Terbentuk pada tahun 2013, Sugarkane memainkan musik noise rock kasar penuh distorsi dengan sound gitar yang bersipongang dan menderau. Nama Sugarkane kemudian perlahan-lahan mulai menyeruak setelah mini album kedua mereka yang berjudul Goof Around dirilis pada pertengahan tahun 2016. Hal itu kemudian ditunjang dengan jam terbang mereka yang semakin tinggi dan performa live yang atraktif, agresif, dan sarat energi. Kemunculan mereka di scene musik lokal Bogor menjadi salah satu penyegar di tengah proses regenerasi yang berjalan sangat lambat.

Namun di tengah pergerakan mereka yang kian menggeliat, sang vokalis Dilla yang juga menjadi ikon dari Sugarkane memutuskan untuk mengundurkan diri. Sugarkane kemudian memilih untuk tidak tampil live sementara waktu dan berkonsentrasi mengumpulkan materi lagu sembari melakukan pencarian vokalis terbaru. Pencarian yang berhasil membuahkan pengendali corong microphone baru bernama Lucky Julian. Tak memakan waktu lama, bersama Lucky Sugarkane lalu merekam lima buah materi lagu secara live di Fake Hero Studio, Bogor. Salah satunya adalah single “Unhinged” yang menjembatani perkenalan vokalis terbaru Sugarkane dengan pendengar musik mereka.

Menurut grup yang kini diperkuat oleh Lucky (Vokal), Omen (Gitar), Regi (Gitar/Bass) dan Daryl (Drum) tersebut, “Unhinged” bercerita tentang rasa ketidakpedulian mereka terhadap apa yang orang-orang bilang pantas dan tidak pantas untuk dilakukan. “Ini lagu cuek aja sih, karena banyak banget orang-orang yang memaksakan kehendak mereka terhadap orang lain tanpa mau peduli satu sama lain, jadi lagu ini kayak cara kami untuk melawan ketidakpedulian dengan ketidakpedulian itu sendiri,” cetus sang gitaris Omen.

Kasar, singkat, menderau, dan bersipongang menghantam gendang telinga. Musik yang Sugarkane mainkan jelas bukan selera semua orang. Secara sadar mereka memasukkan berbagai macam bebunyian yang memungkinkan untuk dihasilkan oleh perpaduan gitar, bass, dan drum yang saling bertabrakan. Mereka tidak hanya menampar, tapi menendang tepat di muka dan meninggalkan bekas lebam. Sugarkane ibarat tamu petantang-petenteng yang berjalan di gang perkampungan tanpa permisi dan malah berseloroh “Tangkurak Sia Bejad[1]” ke semua orang yang berpapasan.

Single “Unhinged” sudah dapat diunduh secara bebas melalui kanal Soundcloud Hujan! Rekords dan Tromagnon Records mulai tanggal 9 Oktober 2017. Sedangkan proses pra pesan mini album In A Mess yang rencananya akan terbagi menjadi dua paket pemesanan akan mulai dibuka pada akhir bulan Oktober 2017.

Keterangan:
[1] Umpatan Bahasa Sunda yang bermakna sangat kasar

Leave a Reply